Home > Kecantikan > Ingin Mengecilkan Pori-pori?, Coba 4 Skincare Ini

Ingin Mengecilkan Pori-pori?, Coba 4 Skincare Ini

Pertama, mengerti dahulu jika pori-pori kulit kenyataannya tidak dapat jadi membesar atau dikecilkan sendiri. Ukuran pori tiap orang berlainan, serta biasanya dikuasai oleh unsur genetik. Tetapi selain itu, tampilan pori Anda dapat terlihat semakin besar dari umumnya sebab banyak hal.

Menurut riset tahun 2016 dari Korea, pori-pori muka yang terlihat jadi membesar dapat dikarenakan oleh sebegitu banyak minyak yang dibuat oleh kelenjar sebum. Saat kelenjar sebum muka Anda membuahkan banyak minyak, pori-pori akan jadi terlihat semakin besar. Ini banyak berlangsung pada seorang dengan type kulit berminyak.

Berkurangnya fleksibilitas kulit serta sumbatan folikel rambut atau kotoran dapat mengakibatkan pori-pori muka terlihat besar.

Lalu, apa ada produk skincare yang bisa menolong ‘mengecilkan’ pori-pori besar?

1. Retinol

Menurut dr. Debra Jaliman, dokter kulit dari New York, retinol salah satu bahan aktif dalam skincare yang bisa menolong ‘mengecilkan’ pori-pori.

Dr. Jaliman menjelaskan jika retinol kerja menggerakkan perubahan (pergantian) sel kulit muka. Saat kotoran serta sel kulit mati di susunan paling atas kulit terangkat, susunan kulit yang baru dengan penampilan pori asli Anda akan kelihatan. Dampaknya, pori yang semula terhalang serta kelihatan besar akan terlihat lebih kecil.

Diluar itu, skincare memiliki kandungan retinol yang biasa dikenas berbentuk night krim dapat menantang dampak penuaan serta menahan jerawat.

2. Pelembap memiliki bahan fundamen air

Pelembap ialah skin care harus untuk semua type kulit. Walau demikian, beberapa orang yang kulitnya berminyak seringkali salah kira jika pelembap malah membuat kulit makin berminyak. Asumsi ini salah.

Terutamanya buat orang dengan type kulit berminyak, menggunakan pelembap malah tidak bisa sampai terlupa untuk menolong ‘mengecilkan’ pori-pori. Tanpa ada pertolongan pelembap, kulit Anda justru bisa membuahkan makin banyak minyak.

Bila kulit Anda berminyak, kuncinya gunakan pelembap yang memiliki bahan fundamen air supaya penampilan muka tidak kelihatan makin mengkilap serta membuat pori-pori terlihat semakin besar.

3. Sunscreen

Tidak hanya membuat perlindungan kulit dari paparan cahaya matahari, sunscreen atau tabir surya salah satu skincare yang bisa menolong memperkecil pori-pori muka.

Makin seringkali serta lama kulit dibiarkan tanpa ada perlindungan, akan makin rusak kulit Anda. Paparan cahaya matahari dalam periode panjang bisa turunkan fleksibilitas alami kulit. Bila kulit tidak kencang, pori-pori muka akan kelihatan semakin besar dari semestinya.

Jangan sampai lupa memoleskan tabir surya ber-SPF minimum 30-50 dengan rata ke kulit muka serta leher tiap hari sebelum keluar rumah. Tetaplah gunakan sunscreen walau cuaca sedang mendung atau serta hujan.

4. Produk eksfoliator yang memiliki kandungan AHA serta BHA

Untuk menolong ‘mengecilkan’ pori-pori, American Academy of Dermatology (ADA) mereferensikan skincare yang mempunyai tujuan untuk mengusung sel kulit mati (exfoliant) serta memiliki kandungan alpha-hydroxy acid (AHA) atau beta-hydroxy acid (BHA). ADA menyarankan untuk teratur eksfoliasi kulit sekitar 1-2 kali dalam satu minggu. Eksfoliasi bisa menolong singkirkan tersisa kulit mati serta kotoran yang menutup pori-pori Anda.

Tetapi bila saat ini Anda masih berjerawat, jangan dahulu gunakan skincare ini. Mengelupaskan susunan kulit yang masih peka serta meradang malah bisa jadi parah jerawatnya. BHA (asam salisilat) pun tidak bisa dipakai bila Anda alergi pada aspirin.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *