Home > Kesehatan > Penyebab Depresi Yang Berpengaruh Pada Kesehatan Mental Anak

Penyebab Depresi Yang Berpengaruh Pada Kesehatan Mental Anak

Jika anak anda mengalami perubahan suasana hati secara berlebihan, cepat, dan tidak wajar maka anda perlu waspada. Karena jika hal tersebut berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama dan berakibat mengganggu aktivitas, dapat diindikasikan bahwa anak anda mengalami depresi. Sebagai orang tua, anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab depresi tersebut.

Pengaruh Orang Tua Terhadap Penyebab Terjadinya Depresi Pada Anak

1. Adanya Konflik Dalam Keluarga

Konflik antara orang tua sangat berperan dalam perkembangan psikologi pada diri anak. Konflik yang terjadi dapat mempengaruhi kerentanan emosi pada diri anak. Resolusi penyelesaian masalah tersebut akan berpengaruh kepada cara pandang anak dalam menyelesaikan sebuah konflik.

2. Pemberian Hukuman Pada Anak

Seringkali orang tua memberikan hukuman berlebihan kepada anak, baik dari bentuk verbal maupun tindakan. Tanpa disadari orang tua yang sering memberikan hukuman secara berlebihan kepada anak bisa menjadi sebab depresi pada diri anak. Orang tua diperbolehkan memberikan hukuman, namun sebuah hukuman yang membangun bukan menjatuhkan.

3. Kehangatan Dari Orang Tua

Kunci utama dalam mencegah depresi pada anak adalah kehangatan dari orang tua. Orang tua harus mendekatkan diri pada anak, berkomunikasi dengan baik dan terbuka akan memberikan pemikiran positif dan peran positif pada diri anak. Sehingga anak dan orang tua memiliki komunikasi yang baik.

Hal tersebut dapat mengurangi resiko penyebab depresi, sebab anak-anak yang terbuka pada orang tuanya akan cenderung menceritakan segala kesulitan yang dialaminya kepada orang tua. Sehingga anak tidak terbiasa menyimpan beban-beban sendirian dan tidak merasa tidak didengarkan.

4. Pemberian Otonomi Pada Anak

Keterlibatan orang tua dalam pilihan anak juga memberikan dampak. Orang tua boleh memilihkan sesuatu yang baik untuk anak, namun bukan memaksa anak untuk menerima pilihan tersebut. Anak harus memiliki kebebasan memilih dalam hidupnya, sehingga ia merasa memiliki hak atas hidupnya.

Orang tua yang terlalu mengekang anak dalam memilih segala hal, bisa menjadi sebab terjadinya depresi kepada anak. Tanpa disadari orang tua seringkali memaksa anak untuk mengikuti pilihannya tanpa mendengarkan kemauan dan pendapat anak. Hal demikian akan membuat anak merasa terkekang.

Kesehatan mental anak merupakan hal penting yang harus dijaga oleh orang tua. Seringkali permasalahan depresi dianggap sepele, namun permasalahan tersebut sangatlah serius karena bisa berdampak pada kepribadian anak dan cara ia menjalani kehidupan hingga dewasa nanti.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *