Home > Fashion > Terlihat Rumit, Ternyata Merajut Juga Menyehatkan loh!

Terlihat Rumit, Ternyata Merajut Juga Menyehatkan loh!

Terlihat-Rumit-Ternyata-Merajut-Juga-Menyehatkan-loh
Foto dari blibli.com

Merajut seringkali dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Selain itu, merajut diidentikkan dengan kegiatan untuk lansia. Padahal, banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari merajut lho! Selain banyak manfaat, merajut juga dapat menghasilkan berbagai kerajinan. Salah satunya Anda bisa membuat cardigan rajut. Tentu akan menjadi kepuasan tersendiri jika Anda bisa mengenakan pakaian yang dibuat dengan tangan sendiri.

Menarik, kan? Maka dari itu, yuk ubah pola pikir tentang merajut! Kegiatan merajut pada dasarnya bisa dilakukan oleh siapapun, terutama ketika Anda memiliki waktu luang.  Jika Anda membutuhkan waktu tenang, Anda bisa mencoba untuk merajut, karena kegiatan ini memerlukan ketenangan dan kesabaran tinggi. Tidak heran jika merajut dianggap mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat Merajut Bagi Kesehatan

Lalu, apa saja sih manfaat merajut bagi kesehatan?

1. Meningkatkan fungsi motorik

Kegiatan merajut hampir mampu mengaktifkan seluruh fungsi otak. Membutuhkan detail yang tinggi, gerakan merajut juga dapat menghambat penurunan kemampuan gerak pada penderita Parkinson. Selain itu, pola yang berulang ketika merajut dapat membuat daya ingat Anda tetap terjaga.

Aktivitas merajut ini juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit Alzheimer ataupun gejala demensia. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas merajut akan sangat baik untuk melatih daya ingat Anda. Otak yang semakin sering digunakan untuk bekerja, akan membuat Anda lebih sehat. Jadi, jangan pernah bosan untuk berhenti mencoba hal-hal baru ya! Misalnya, Anda bisa memulai untuk melakukan kegiatan merajut.

Mulailah merajut dengan membuat kerajinan-kerajinan ringan, seperti taplak meja atau tempat handphone. Jika Anda ingin membuat cardigan rajut tetapi terlalu repot, Anda juga bisa membelinya di toko offline maupun online! Karena semua butuh proses, mencari alternatif juga bukan merupakan hal salah kok.

2. Melatih ketenangan seperti meditasi

Tidak perlu bersimpuh terlalu lama untuk melakukan meditasi ringan, karena Anda bisa mengganti hal tersebut dengan kegiatan merajut. Kedua kegiatan tersebut dapat melatih ketenangan diri.

Dalam merajut, Anda akan dihadapkan pada gerakan berulang dan intens. Sehingga, hal itulah yang kemudian mampu membuat pikiran lebih tenang. Selain itu, proses merajut membuat otak aktif memproduksi gelombang dopamin yang dapat mengendalikan emosi.

Ketenangan ketika merajut dapat membuat Anda lebih fokus pada pola yang sedang dibuat. Hal itu efektif untuk mengurangi perasaan negatif pada diri Anda, seperti depresi, kecemasan, atau stress. Tidak hanya berasal dari ketenangan, gerakan jarum dan benang pada pola berulang serta intens juga baik untuk meredakan perasaan-perasaan tersebut. Selain itu, Anda pun akan menjadi rileks ketika merajut sembari duduk. Menyehatkan bukan?

3. Memperkuat otot

Selain mampu memberikan ketenangan dan meredakan kecemasan, gerakan merajut yang tidak menuntut kecepatan juga dapat memperkuat otot mu lho! Terutama pada otot tungkai tangan. Sendi-sendi tangan akan bergerak ketika melakukan aktivitas ini. Perlahan namun pasti, merajut membuat lengan tanganmu terus bergerak tanpa harus memberikan kekuatan berlebih. Sehingga, terbentuklah otot tungkai tangan yang lebih kuat dan Anda akan terhindar dari kerusakan otot sendi.

Nah, bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk merajut dan meningkatkan kesehatan? Jangan gengsi untuk mulai merajut hanya karena kegiatan ini lebih digemari oleh lansia. Baca kembali manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan dari merajut. Jika masih ragu, Anda dapat memulai dengan merajut pola-pola yang mudah. Untuk pola yang terkesan rumit seperti cardigan rajut, Anda bisa praktis membelinya saja di toko-toko pakaian. Semoga bermanfaat!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *